15 July 2019

Cara Cepat Proses dan Cetak Raport K13 Secara Otomatis di Excel

Sebagian para guru pasti ada yang bertanya-tanya dengan adanya peraturan pemerintah tentang kurikulum K13 ini.
Kenapa begitu, karna banyak laporan yang harus di buat. seperti yang harus mempersiapkan mulai dari Rpp Silabus, prota, promise, Kkm, jurnal dll.
Belum lagi membuat analisis per KD dan pembuatan Raport. Sebelum kita bahas tentang Cara Cepat Proses dan Cetak Aplikasi K13. Kita harus tahu dulu Apa Itu kurikulum.
Pengertian Kurikulum
Kurikulum merupakan suatu rencana yang memberi pedoman atau pegangan dalam proses kegiatan belajar-mengajar. kurikulum itu sendiri dipandang sebagai suatu rencana yang disusun untuk melancarkan proses belajar-mengajar di bawah bimbingan dan tanggung jawab sekolah atau lembaga pendidikan beserta staf pengajarnya.

Baca Juga: Download Aplikasi SPP Sekolah Berbasis Excel

Sedangkan Pengertian Kurikulum 2013 itu sendiri merupakan sebuah kurikulum yang terintegrasi, maksud dari integrasi ini adalah sebuah kurikulum yang mengintegrasikan Kemampuan, Tema, Konsep dan Topik.Baik dalam bentuk Within Sigle disciplines, Acrous several disciplines and Within and Acrous Learners.

dengan kata lain bahwa kurikulum 2013 adalah kurikulum yang terpadu sebagai suatu konsep dapat dikatakan sebagai sebuah sistem atau pendekatan pembelajaran yang melibatkan beberapa disiplin ilmu untuk memberikan pengalaman yang bermakna dan luas kepada peserta didik.

Kurikulum ini merupakan kurikulum tetap diterapkan oleh pemerintah untuk menggantikan Kurikulum 2006 yang sering kita sebut sebagai KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) yang telah berlaku selama kurang lebih 6 tahun.
Di dalam aspek belajar kurikulum K13 memang bagus. Tapi, didalam administrasi banyak yang harus di selesaikan tidak seperti halnya kurikulum KTSP.

Baca Juga: Aplikasi + Source Kartu Anggota Perpustakaan Sekolah Gratis Menggunakan Excel

Salah satu permasalahan yang dipusingkan para guru, khususnya guru-guru lama (yang sudah tua) yaitu tentang pembuatan Rapor. Berawal dari adanya para guru membuat rapor dengan Microsoft Word. Penggunaan Microsoft Word memang sangat simpel dan mudah, tapi masalah efisiensi waktu dalam pembuatan Raport K13 akan banyak memakan waktu. Contohnya, dalam Proses Penginputan Nama Siswa, Nilai, Deskripsi, Absensi, Nama Orang Tua dan lain-lain. Alhasil waktu luang untuk kerjaan yang lain akan terganggu.

Sekarang ini para programmer sudah banyak membuat aplikasi raport k13 baik untuk aplikasi rapor k13 sd maupun aplikasi raport k13 smp dan pembuatan aplikasi k13 sendiri pun juga beragam, ada yang menggunakan bahasa pemrograman Web, Java, Delphi, Excel ataupun menggunakan Visual Basic (VB).

Baca juga: Cara Sederhana Input Data Siswa Beserta Foto di Userform VBA Excel

Tapi kali ini saya cuma menggunakan Microsoft excel, karna menurut saya lebih mudah dan tidak perlu mikir-mikir coding. Untuk itu, bagi anda (Bapak/Ibuk) para guru dalam pembuatan raport K13 yang masih menggunakan Microsoft Word, beralihlah ke Microsoft Excel. Karna, dengan menggunakan Microsoft Excel, proses  Penginputan data seperti yang saya sebutkan di atas akan terselesaikan dengan mudah dan cepat.

Bagaimana Cara Proses dan Cetak Raport K13 Biar Lebih Cepat..?
Mau Tau..? Silahkan anda simak langkah-langkah nya di bawah ini:
1. Buatlah Data Siswa seperti Berikut.
2. Desain lah Tabel Rapor K13 seperti gambar dibawah ini.
3. Tambahkan SpinButton dengan cara Klik Tab Developer -> Insert -> SpinButton
Bagi anda yang belum tahu Cara Menampilkan Tab Developer/Jendela VBA Excel silahkan kunjungi disini: Cara Menampilkan Tab Developer di Microsoft Excel

4. Buka Tab Formulas -> Name Manager -> New
5. Maka akan Muncul Jendela New Name, buatlah Name nya contoh ndata1, selanjutnya pada Refers to klik panah warna merah, silahkan klik cell atau kolom AV2, Klik panah merah kemudian klik OK.
6. Selanjutnya, klik kanan pada SpinButton, silahkan diatur seperti berikut.
Pada Maximum Value sesuaikan banyak Siswa pada Data Siswa. Contohnya disini saya mempunyai data siswa sebanyak 29.
Setelah diatur semuanya, Klik OK.

7. Selanjutnya Pada kolom Nama Peserta Didik, buatlah rumus Vlookup seperti berikut .

=IFERROR(VLOOKUP(ndata1;DataSw;4;FALSE);"")
Pada Nomor NIS/NISN masukan rumus seperti berikut:

=VLOOKUP(ndata1;DataSw;2)&" / "&VLOOKUP(ndata1;DataSw;3)
Rumus Deskripsi spiritual:

=IFERROR(VLOOKUP(ndata1;RkpSpiritual;11;FALSE);"")
Rumus Deskripsi Sosial:

=IFERROR(VLOOKUP(ndata1;RkpSosial;15;FALSE);"")

Rumus Pengetahuan Agama
Rumus Nilai Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;9)
Rumus Predikat Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;10)
Rumus Deskripsi Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;11)

Rumus Keterampilan Agama
Rumus Nilai Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;16)
Rumus Predikat Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;17)
Rumus Deskripsi Agama:

=VLOOKUP(ndata1;NilaiAgama;18)
10. Langkah terakhir, silahkan anda klik SpinButton, jika rumusnya sudah benar maka data tersebut akan tampil secara otomatis.

Hasil: 
Gimana mudah bukan?? Hanya tinggal klik langsung keluar dan selanjutnya kamu tinggal klik Tombol Cetak aja lagi.
=VLOOKUP(Nomorurut;Kolom;nomorkolom) 
Info: 
ndata1 merupakan Nomor Urut Siswa Nilai Agama merupakan nama Tabel atau kolom Nomor 9-18 merupakan nomor kolom pada tabel.
Bagi yang mau file Rapor K13 ini bisa anda Download di bawah ini.
File Rapor K13 yang saya share ini silahkan anda edit dan tambah sendiri dengan tabel penilaian Per Tema dan Subtema sampai dengan tabel Rekapan Nilai sesuai keinginan anda.

Mungkin itu saja dulu artikel Cara Cepat dan Mudah Cetak Raport Kurikulum K13 Di Office Excel Secara Otomatis | Cara Membuat Aplikasi Raport K13. Jika ada pertanyaan tentang Materi ini bisa disampaikan pada kolom komentar. Sampai bertemu lagi pada artikel lainnya dan salam sukses.

Share This

SD IT Nurul Jannah, adalah sekolah dasar berbasis islam yang merangkum antara pendidikan formal atau umum dengan pendidikan agama secara menyeluruh, sehingga harapan kami nanti, mampu menciptakan generasi yang mandiri, cerdas, serta berahklakul karimah

0 Comments:

Berminat ingin menjadi penulis disini, silahkan kirimkan alamat email anda melalui halaman kontak kami.