30 June 2019

Cara Memberi Nomor Page atau Halaman Pada Lembar Microsoft Excel

Pada kesempatan kali ini kita akan belajar Cara Memberi Page atau Halaman Pada Lembar Microsoft Excel. Walaupun hal ini sangat terlihat mudah, tapi sebagian anda pasti belum tahu cara pemberian nomor seperti ini.
Page Number, Microsoft Excel

Selain nomor halaman, kita bisa juga tambahkan informasi lainnya seperti: Tanggal, Waktu, Nama File, Lokasi File dan Nama Sheet. Dengan memberikan informasi halaman (page) pada dokumen, kita dapat mengetahui atau mencari halaman yang kita inginkan.

Nomor urut halaman pada sebuah dokumen memang sangat penting, di Microsoft Word memberikan halaman atau page number memang sangat mudah, hanya beberapa langkah saja nomor urut akan muncul.

Baca juga: Cara Cepat dan Mudah Mengurutkan Data di Excel Berdasarkan Abjad

Beda halnya pada Microsoft Excel, memberikan nomor urut halaman di setiap halaman Microsoft Excel memang tidak semudah di Microsoft Word, perlu beberapa langkah untuk menyelesaikan nya. Bagi anda yang sudah mahir tentu ini bukankah perkara sulit, namun untuk pemula saya rasa sedikit dibuat bingung. Karena memang fasilitas pemberian page number di Microsoft Excel sedikit tersembunyi.

Untuk anda yang kebetulan pemula dan belum banyak pengalaman mengoperasikan Microsoft Excel dan yang sedang bingung cara memberikan page number di lembar dokumen Microsoft Excel yang akan anda cetak, maka melalui artikel ini saya akan berikan sedikit tutorial bagaimana cara membuat nomor halaman berurutan di Microsoft Excel.

Ok deck sobat, jika anda memiliki dokumen Microsoft Excel yang ingin anda cetak dan di setiap halaman yang ingin muncul number halaman secara berurutan, maka anda bisa mengikuti langkah-langkah di bawah ini.
Ada 2 Cara Mudah Memberikan Nomor Urut Pada Halaman (Page Number) di Microsoft Excel

Cara Pertama:
  • Buka dokumen Microsoft Excel yang akan anda beri nomor.
  • Selanjutnya silahkan Klik Tab Insert -> Header and footer
Page Number, Microsoft Excel
  • Kemudian, silahkan klik Go to Footer -> Klik kolom Center Footer.
Page Number, Microsoft Excel
  • Klik Page Number
Page Number, Microsoft Excel

Jika anda ingin menampilkan seperti ini Halaman 1 Dari 5 anda harus klik icon number of pages maka akan terlihat & [page] & [pages] dan tambahkan seperti ini Halaman & [page] Dari & [pages].

Cara Menambahkan dan Menampilkan Tanggal
  1. Klik kolom Footer pada samping kiri
  2. Selanjutnya klik icon Current Date
Cara Menambahkan dan Menampilkan Waktu
  1. Klik Footer pada samping kanan
  2. Selanjutnya klik icon Current Time
Selain Nomor halaman, tanggal dan waktu, anda bisa menambahkan file path, File name dan sheet name.

Cara Kedua:
  • Buka dokumen Microsoft Excel yang ingin anda berikan page number.
  • Pilih Menu Page Layout -> lalu klik icon Page Setup di pojok kanan bawah.
Page Number, Microsoft Excel
  • Pada Dialog Page Setup, Pilih Tab Header & Footer, Tampilan Seperti gambar dibawah ini.
Page Number, Microsoft Excel

Pada halaman page setup seperti gambar di atas, ada 2 pilihan untuk memberikan nomor halaman yakni tombol custom header dan tombol custom footer, Jika anda ingin memberikan halaman di bagian atas setiap lembar dokumen, maka silahkan tekan tombol Custom Header.

Atau tekan tombol Custom Footer... jika menginginkan page number muncul di bagian bawah halalaman.

Baca Juga: Cara Cepat Proses dan Cetak Raport K13 Secara Otomatis di Excel

Sebagai contoh misal kita akan mencoba memberikan number di bagian bawah halaman, maka yang harus diklik adalah tombol Custom Footer, selanjutnya akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini:

Pada dialog di atas, ada 3 bagian kotak isian seperti yang diberikan kotak merah di atas, yaitu:

  • Left section, klik disini jika nomor halaman ingin muncul di kiri. 
  • Center section, klik pada bagian ini jika nomor halaman ingin muncul di tengah
  • Right section, klik ini jika nomor halaman ingin muncul di bagian kanan.

Silahkan klik pada salah satu kotak isian tersebut, agar kursor aktif disana, lalu tekan tombol Insert Number of page seperti gambar tombol yang ditunjuk panah merah Maka pada kotak tersebut akan muncul text &[Page]. Silahkan tekan tombol Ok jika selesai.

Sampai langkah di atas, silahkan coba tampilkan print preview untuk dokumen Microsoft Excel anda, caranya klik saja menu file > Print

Tampilan dokomen pun akan muncul page number yang letaknya sesuai dengan posisi yang anda tentukan di pengaturan di atas.

Nah, Itulah tutorial sederhana bagaimana Cara mudah memberikan nomor urut halaman (page number) di Microsoft Excel. Semoga sedikit menambah wawasan kita.

Share This

SD IT Nurul Jannah, adalah sekolah dasar berbasis islam yang merangkum antara pendidikan formal atau umum dengan pendidikan agama secara menyeluruh, sehingga harapan kami nanti, mampu menciptakan generasi yang mandiri, cerdas, serta berahklakul karimah

0 Comments:

Berminat ingin menjadi penulis disini, silahkan kirimkan alamat email anda melalui halaman kontak kami.