27 March 2019

Trik Mencari Posisi Satelite Parabola Menggunakan Aplikasi Smartphone di Android

Bagi anda yang masih newbie tentang masalah otak atik digital parabola mungkin 2 aplikasi ini bisa untuk di jadikan sebagai alat untuk mencari frekuensi satelit digital parabola. aplikasi Ini dapat mempermudah anda dalam mencari signal satelit parabola. Di dalam aplikasi ini pun semua satelit sudah tersedia mulai dari palapa sampai dengan satelit luar negeri. 

Dengan menggunakan ke 2 aplikasi satelit tersebut dapat memudahkan kita dalam menentukan titik signal frekuensi yang ingin kita cari. Ke 2 aplikasi tersebut bisa kamu dapatkan/unduh pada smartphone android di google play store.
Ok, silahkan anda simak ulasan ke 2 aplikasi tersebut dibawah ini. 

1. Satfinder
SatFinder (Satellite Finder) adalah alat yang akan membantu Anda untuk mengatur parabola. Aplikasi Ini akan memberi Anda azimuth, elevasi dan LNB tilt untuk lokasi Anda (berdasarkan GPS) dan satelit yang dipilih dari daftar. Hasilnya ditunjukkan baik sebagai data numerik dan grafis di google maps. Hal ini juga dibangun di kompas yang akan membantu Anda untuk menemukan azimuth satelit yang tepat. Hal ini juga dapat menggunakan augmented reality untuk menunjukkan di mana satelit di tampilan kamera.
Berikut cara menggunakan aplikasi ini:
1. Pertama-tama, Anda harus mengaktifkan GPS dan Internet pada ponsel Anda. Ingat - dalam banyak kasus tidak mungkin untuk menerima sinyal GPS di dalam gedung. Jadi jika Anda ingin mendapatkan lokasi yang sangat akurat - silakan pergi dekat jendela atau pergi bahkan di luar.

2. Jika aplikasi menemukan lokasi Anda, Anda harus memilih satelit yang diinginkan. Untuk melakukan ini, Anda harus menemukan icon dengan kaca pembesaran dan sentuh. Pada daftar Anda akan menemukan semua satelit dengan sudut elevasi di atas nol derajat. Ingat: Nama satelit tidak mempengaruhi perhitungan sudut. Yang penting adalah posisi satelit.

3. azimuth, elevasi dan condong sudut dihitung untuk lokasi Anda dan satelit yang dipilih. Di bawah nilai yang dihitung ada kompas dengan representasi grafis dari sudut azimuth. Sudut azimuth dihitung dengan kemiringan magnetik. Ingat - setiap kali Anda menggunakan kompas - Anda harus mengkalibrasi itu. Hijau garis mewakili azimuth telepon Anda. Jadi jika pada kompas indikator hijau dan merah pada satu sama lain - depan ponsel harus menunjukkan arah ke satelit. Jika nilai kompas benar - nilai azimuth ponsel akan pergi hijau.
Bagi anda yang mau mencoba aplikasi ini silahkan klik link di bawah ini.


2. Satellite director
Sebelumnya bagi anda yang merasa sulit mencari posisi satelit. Berikut ini aplikasi ini dapat juga anda Coba untuk menemukan satelit TV atau antena. Sebelum Anda dapat menemukannya dengan kompas yang harus Anda lakukan beberapa perhitungan menggunakan lokasi GPS, variasi magnetik, kompas azimuth dan azimuth satelit.
Dengan menggunakan Director satellite semua masalah tentang pencarian posisi satelite di parabola anda akan terselesaikan. 
PERINGATAN: Ponsel atau tablet HARUS MEMILIKI COMPASS !!!!
TANPA KOMPAS ANDA TIDAK BISA MENGGUNAKAN APLIKASI INI.
Silahkan periksa "Satelit Locator" yang menggunakan lokasi GPS untuk menemukan satelit.

Bagaimana cara kerjanya ?
Anda hanya mengaktifkan GPS di ponsel Anda atau masukkan lokasi GPS Anda, pilih lokasi satelit TV atau antena yang diinginkan dan arahkan titik telepon Anda ke langit untuk menargetkan (menemukan) satelit TV. Nada hp anda akan berbunyi, ketika bola putih dalam lingkaran putih dan bola cyan dalam lingkaran cyan berada tepat di lingkaran tersebut. Silahkan anda selaraskan, di azimut, lengan offset parabola ke cyan panah pada layar ponsel anda dan parabola sejajar di azimuth dengan satelit.
Bagi anda yang mau mencoba aplikasi Satellite Director ini silahkan anda klik link dibawah ini.


Sekian dulu artikel Trik Mencari Posisi Satelite Parabola Menggunakan Aplikasi Smartphone di Android.
Semoga dapat membantu anda dalam mengetahui arah satelit. 

Share This

SD IT Nurul Jannah, adalah sekolah dasar berbasis islam yang merangkum antara pendidikan formal atau umum dengan pendidikan agama secara menyeluruh, sehingga harapan kami nanti, mampu menciptakan generasi yang mandiri, cerdas, serta berahklakul karimah

0 Comments:

Berminat ingin menjadi penulis disini, silahkan kirimkan alamat email anda melalui halaman kontak kami.