23 March 2019

Cara Mencari Siaran Trans TV, Trans 7 dan Antv di Satellite Telkom 4 Work 100%

Seiring dengan beredar nya kabar di tahun 2018 lalu telkom 3S diganti lagi dengan Satellite Telkom 4 (Satellite Merah Putih).
Menurut Direktur Utama Telkom Alex J. Sinaga, yang dikutip oleh detik.com satelit Telkom 4 diluncurkan pada pertengahan 2018 lalu. Nantinya, satelit Telkom 4 direncanakan untuk menempati slot orbit yang ditempati Telkom 1.

Pada awal tahun 2019, sangat booming dan heboh sekali di kalangan pengguna tv parabola. Karna Siaran Trans tv, trans 7 dan antv hilang dari satelit Telkom 3S.
Cara melacak parabola 2 lnb
Banyak yang beranggapan di kalangan pengguna tv parabola adalah, ini hanya ada gangguan teknis semata.

Nah, usut punya usut ternyata problem Trans tv, trans 7 dan antv gelap di awal Januari 2019 ini, bukan karena gangguan teknis. Dari sejumlah sumber yang beredar bahwa ini ada kaitannya dengan resminya Satelit Merah Putih atau Telkom 4 mengudara seperti yang dikatakan Direktur utama telkom Alex J tadi.

Perlu diketahui juga, satelit Telkom 4 adalah pengganti resmi dari Telkom 1 yang sempat error atau terjadi anomali di tahun 2017.  Sedangkan Telkom 3S adalah hanya jadi pengganti sementara karena pada waktu Telkom 1 error, satelit penggantinya yaitu Telkom 4.

Seperti diketahui bahwa satelit Telkom 3S berada di 118.0°E, sedangkan Telkom 4 berada di 108.0°E atau berada di posisi satelit Telkom 1 yang menurut kabar hilang atau hancur. Karena berada pada derajat yang berbeda, maka harus dirubah parabola tersebut atau receivernya.

Menurut berbagai sumber, bahwa biaya peluncuran satelit ini bisa dikatakan lebih hemat 25% ketimbang satelit sebelumnya yang sudah mengorbit.

Seperti Telkom 3S yang meluncur 15 Februari 2017 silam mengabiskan biaya sampai 215 juta dollar Amerika Serikat. Sementara Satelit telkom 4, cuma menelan biaya 165 juta dollar Amerika Serikat, dan sudah termasuk biaya asuransi sebesar US$ 10 juta.

Sebelumnya Telkom 3S yang ada di Port 1/LNB 1 untuk 22KHz ON dan Palapa D di Port 2/LNB 2 22KHz OFF, maka dirubah sebaliknya Palapa D menjadi port 1 dengan 22KHz ON, dan Telkom 4 port 2 (apabila sudah menambah daftar satelit baru dengan nama Telkom 4) menjadi OFF.

Jangan kaget jika sesudah merubah settingan pada receiver parabola, channel yang ada di Palapa D menjadi menghilang. Untuk bisa mendapatkan kembali siaran televisi Indosiar dan lain-lainnya, maka geser atau merubah arah kemiringan parabola ke arah barat secara perlahan-lahan.

Trik ini sudah saya coba dan Alhamdulillah berhasil 100%.
Silahkan anda coba trik ini, dari pada menyewa jasa orang lain yang kisarannya anda membayar 50.000.
Uang sebesar itu sekarang gede bro, lebih baik untuk beli beras ya nggak.

Nah, bagi sobat pengguna TV Parabola yang ingin mencoba tracking supaya siaran Trans tv, Trans 7 dan Antv dan yang lainnya muncul lagi.
Silahkan simak langkah-langkah nya di bawah ini.
1. Pergi ke Pengaturan Satellite > rubah Satelite Palapa D ke Port 1 dengan 22KHz On, kemudian pada Telkom 4 ke Port 2 dengan 22KHz Off seperti gambar dibawah ini. 
Tracking Parabola
2. Setelah itu anda Simpan.

3. Selanjutnya rubah Frekuensi Trans TV   dengan kode 3890 H dan Simbol Rate 6000, setelah diganti silahkan anda simpan, kemudian klik Info, fungsinya untuk mengecek kualitas sinyal.

4. Langkah selanjutnya yang anda lakukan adalah Tracking Parabola.

5. Silahkan anda kendor kan baut seperti gambar dibawah ini.
Cara melacak parabola 2 lnb
6. Silahkan anda dorong keatas dengan pelan-pelan saja (seperti judul lagu Kotak bray hehehe), sambil melihat kualitas sinyalnya.

7. Setelah gambarnya muncul, silahkan anda kencangkan baut nya dulu.

8. Selanjutnya silahkan anda Scan Otomatis.

9. Setelah selesai Scanning maka siaran Trans TV, Trans 7, Antv dan yang lainnya akan muncul lagi.
Catatan : untuk siaran Palapa D seperti Indosiar, MNC TV, RCTI, TV One dan yang lainnya, kalau belum dapat, silahkan anda geser atau merubah arah kemiringan parabola ke arah barat secara perlahan-lahan seperti yang sudah saya jelaskan diatas.
Berikut ini Frekuensi Channel terbaru di Satelit Telkom 4 yang bisa anda coba:

  • 3850 H 6000 untuk channel ANTV (Mpeg2)
  • 3875 H 6000 untuk channel Trans7 (Mpeg2)
  • 3880 H 2250 untuk channel CNN Indonesia HD (Mpeg4)
  • 3890 H 6000 untuk channel Transtv (Mpeg2)
  • 3856 H 3000 untuk channel Jek TV
  • 3896 H 3000 untuk channel MTA TV
  • 3973 H 3000 untuk channel Temanggung TV
  • 3967 H 3906 untuk channel TVRI Papua
Itulah artikel tentang Cara Mencari Siaran Trans TV, Trans 7 dan Antv di Satellite Telkom 4 Semoga anda berhasil.


Share This

SD IT Nurul Jannah, adalah sekolah dasar berbasis islam yang merangkum antara pendidikan formal atau umum dengan pendidikan agama secara menyeluruh, sehingga harapan kami nanti, mampu menciptakan generasi yang mandiri, cerdas, serta berahklakul karimah

0 Comments:

Berminat ingin menjadi penulis disini, silahkan kirimkan alamat email anda melalui halaman kontak kami.