21 February 2019

Tips Memberi Warna Cell dan Font Secara Otomatis di Excel

Sahabat excel kali ini saya akan membagikan Tips Memberi Warna Cell dan Font secara Otomatis di lembar kerja Excel. Bagi pemula menggunakan excel belum banyak yang tahu penggunaan fitur ini. Salah satu fitur yang dapat membuat warna secara otomatis baik untuk pemberian warna pada cell atau pun font huruf/angka serta tabel. Kegunaan fitur warna ini memiliki fungsi yang lumayan penting, bisa digunakan untuk menandai sebuah Cell atau Font sesuai kriteria yang diinginkan.
Fitur warna tersebut dikenal dengan nama Conditional Formatting, letak fitur ini terdapat pada Tab Toolbars. Untuk lebih jelasnya, mari kita terapkan fitur ini contoh kasus sederhana daftar nilai siswa di bawah ini.
Dari tabel data diatas pada kolom Nilai Huruf kita kan beri warna secara otomatis untuk kriteria huruf A dengan warna Biru.

Bagaimana Caranya?
Silahkan anda blok kolom sel D5 sampai D9, lalu arahkan kursor ke Tab Toolbar Style pilih Conditional Formatting -} Highlight Cells Rule -} Text than Contains. Seperti tampilan gambar dibawah ini.
Selanjutnya akan tampil jendela Text That Contains, pada Format Cells that Contains The text tuliskan huruf A, kemudian pada bagian with pilih Custom Format. 
Setelah itu akan tampil jendela Format Cells, lalu pilih bagian Fill dan pilih warna biru, Klik OK.
Setelah langkah-langkah diatas sudah dilakukan dengan benar maka pada lembar kerja Excel pada bagian Nilai Huruf dengan kriteria Huruf A kolom sel-nya akan berganti warna biru seperti gambar dibawah ini.
Langkah selanjutnya bagaimana untuk menandai Nilai Huruf B dengan warna Hijau dan Nilai Huruf C dengan warna Orange bisa anda lakukan dengan cara yang sama melalui Conditional Formatting -} Highlight Cells Rule -} Text than Contains. Hanya pada Forma Cells bagian Fill bisa memilih warna sesuai dengan kriteria nilai.
Dengan adanya tanda warna tersebut, lebih memudahkan kita untuk mengetahui kriteria nilai huruf berdasarkan warna. Karena cara ini dilakukan tanpa rumus, hanya dengan beberapa kali klik dan pilihan, pemberian warna secara otomatis dapat dilakukan.
Semoga artikel ini bermanfaat.

Share This

SD IT Nurul Jannah, adalah sekolah dasar berbasis islam yang merangkum antara pendidikan formal atau umum dengan pendidikan agama secara menyeluruh, sehingga harapan kami nanti, mampu menciptakan generasi yang mandiri, cerdas, serta berahklakul karimah

0 Comments:

Berminat ingin menjadi penulis disini, silahkan kirimkan alamat email anda melalui halaman kontak kami.